Karya Tulis Lainnya FRAMEWORK, “STEM Community Model Based On 4Cs: Exploration Of Local Wisdom Through Lesson Study Approach”

Universitas Muhammadiyah Semarang (2023) Karya Tulis Lainnya FRAMEWORK, “STEM Community Model Based On 4Cs: Exploration Of Local Wisdom Through Lesson Study Approach”. EC00202305322.

[img]
Preview
Text
sertifikat_EC00202305322 Dr. Eny Winaryati, M.Pd..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada 4 karakter keterampilan abad 21 meliputi yaitu: (1) Critical Thingking and Problem Solving, (2) Creativity and Inovation, (3) Collaboration, dan (4) Communication. 4 Cs akan dimiliki oleh siswa manakala guru memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam praktik sains, teknologi, teknik, dan matematika melalui masalah dunia nyata, atau disingkat dengan STEM. Pengalaman hidup yang nyata, akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik, manakala pembelajaran yang dilakukan mendekatkan peserta didik dengan potensi local di wilayah terdekat. Pendekatan Lesson Study (LS) dapat menjadi alternatif bagi guru untuk merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan refleksi, melalui evaluasi oleh guru lain, akademisi dan profesional untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa. LS dilaksanakan secara kolaboratif, dimana guru dapat saling berbagi informasi, dan saling belajar. Hal ini mendasar perlunya pembentukan komunitas STEM, melalui pendekatan LS, sehingga terjadi keberlanjutan perbaikan pembelajaran, ketercaiannya 4Cs perlu dievaluasi.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jabatan Fungsional > Eny Winaryati
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item View Item