Karya Tulis Lainnya PHASE ANALYSIS RELATED TO LESSON STUDY, “STEM Community Model Based On 4Cs: Exploration Of Local Wisdom Through Lesson Study Approach”

Universitas Muhammadiyah Semarang (2023) Karya Tulis Lainnya PHASE ANALYSIS RELATED TO LESSON STUDY, “STEM Community Model Based On 4Cs: Exploration Of Local Wisdom Through Lesson Study Approach”. EC00202305324.

[img]
Preview
Text
sertifikat_EC00202305324 Dr. Eny Winaryati, M.Pd..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran strategis dalam pembelajaran, karena guru memiliki banyak waktu untuk bertemu dengan siswa. Guru mengupayakan agar pengetahuan dan keterampilan yang ditransfer kepada siswa selalu meningkat. Tanpa disadari, guru sering mengubah strategi pembelajarannya, dengan harapan ada perbaikan. Hal ini menunjukkan bahwa guru memiliki keterampilan meneliti. Keterampilan ini merupakan umpan balik guru terhadap tanggapan yang muncul dari siswa. Lesson study memberikan kesempatan kepada guru untuk selalu melakukan perbaikan pembelajaran secara terus menerus, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Kegiatan penelitian sudah dimulai pada saat kegiatan PLAN, karena saat ini sedang diadakan diskusi untuk menemukan permasalahan pembelajaran. Semakin kompleks masalah pembelajaran yang disajikan, semakin tinggi pula cara penyelesaiannya. Kegiatan DO merupakan peluang untuk memperoleh banyak temuan, sebagai catatan penting untuk pemecahan masalah pembelajaran, yang akan tercermin dalam kegiatan SEE. Rekomendasi perbaikan pembelajaran merupakan umpan balik dari kegiatan REFLEKSI terhadap pelaksanaan pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. Keterampilan riset ini menjadi karakter ketika kegiatan Lesson Study dilakukan. Hasil dari kegiatan Lesson Study ini merupakan best practice yang sangat layak untuk disebarluaskan, melalui bentuk karya tulis ilmiah.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jabatan Fungsional > Eny Winaryati
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item