IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI KELAS X

FITRIANA, B2B013007 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI TRIGONOMETRI KELAS X. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi trigonometri karena pemahaman konsep untuk menyelesaikan soal masih rendah. Selain itu kemandirian dan keterampilan proses peserta didik juga masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berbantuan Software Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pair Check berbantuan Software Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kriteria keefektifan yaitu ketuntasan kemampuan pemahaman konsep, terdapat pengaruh kemandirian dan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan Software Geogebra dengan model pembelajaran ekpositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas X SMA Yasiha Gubug tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel terdiri dari kelas X MIPA 3 sebagai kelas uji coba, kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 29 dari 34 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dan ketuntasan secara klasikal sebesar 85,294% dengan kriteria ketuntasan mimimum (KKM) 75. Hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh kemandirian dan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis sebesar 81,9%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbantuan Software Geogebra dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Rata-rata kelas eksperimen adalah 80,00 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 75,470. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Check berbantuan Software Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi trigonometri kelas X efektif. Kata Kunci: Pair Check, Software Geogebra, Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 15/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 19 Jan 2018 07:05
Last Modified: 08 Feb 2018 06:50
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item