PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STATIK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MATERI TURUNAN KELAS XI

Rahwanti, Juni, B2B013012 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STATIK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MATERI TURUNAN KELAS XI. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran materi turunan mengenai soal-soal pemecahan masalah masih dianggap susah. Kurangnya motivasi dan tanggung jawab mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah juga rendah dan mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara menerapkan media pembelajaran uno statik dalam penerapan model pembelajaran snowball throwing materi turunan kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid dan pembelajaran dengan media pembelajaran yang dikembangkan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan Model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA N 1 Jatinom tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Kevalidan produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi yang terdiri dari validasi ahli media I dengan tingkat pencapaian sebesar 93,75%, ahli media II sebesar 87,5%, ahli materi sebesar 77,5% dan pengguna media sebesar 86,67%. Rata-rata tingkat pencapaian yang didapat 86,355%, sehingga media pembelajaran layak digunakan. Hasil uji ketuntasan kemampuan pemecahan masalah mencapai ketuntasan belajar secara individual dengan KKM 77 sebanyak 31 peserta didik dari 38 peserta didik dan ketuntasan secara klasikal 83,87%. Hasil uji pengaruh menunjukan bahwa motivasi dan tanggung jawab mempengaruhi pemecahan masalah sebesar 98,1%. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik yaitu 82,90 daripada kelas kontrol sebesar 70,25. Jadi Media Pembelajaran Uno Statik dalam Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Turunan Kelas XI valid dan pembelajaranya efektif. Berdasarkan penelitian diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran dan menginovasi model pembelajaran sebagai sarana dalam meningkatkan motivasi, tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Media Pembelajaran, Uno Statik, Snowball Throwing, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 11/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 19 Jan 2018 07:26
Last Modified: 09 Feb 2018 04:24
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item