KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STEP INTERVIEW BERBASIS SCIENTIFIC T2’ERHADAPKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

SHOLIHAH, MAFTUHATUS, B2B013018 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STEP INTERVIEW BERBASIS SCIENTIFIC T2’ERHADAPKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa rendah karena siswa kesulitan dalam menginterpretasikan soal berbentuk tulisan ke dalam bentuk gambar geometri dan siswa juga kesulitan dalam menerjemahkan soal berbentuk gambar geometri ke dalam bentuk tulisan. Selain itu,motivasi dan komunikatif dalam pembelajaran juga masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Three Step InterviewberbasisScientific. ModelThree Step InterviewberbasisScientificmerupakan proses pembelajaran dengan kegiatan berwawancara yang dipadukan dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Three Step InterviewberbasisScientific efektif dengan kriteria ketuntasan tercapai, terdapat pengaruh motivasi dan komunikatif, dan terdapat beda rata-rata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirejo kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian yaitu kelas VIII B, VIII C, dan VIII D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, tes evaluasi, uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematis. secara individualmencapai rata-rata 83,24 dan secara klasikal mencapai 79,411%. Hasil uji pengaruh juga menunjukan terdapat pengaruh motivasi dan komunikatif terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 80,4%. Hasil uji beda rata-rata menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol .Rata-rata kelas eksperimen adalah 83,24, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 73,76. Sehingga,dapat disimpulkan bahwa model Three Step InterviewberbasisScientific terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi datar efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi bangun ruang atau materi lain untuk mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa. Guru dapat menggunakan model pembelajaran Three Step InterviewberbasisScientific agar siswa dapat termotivasi dan komunikatif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Three step Interview, Scientific, komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 03/Matematika/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 19 Jan 2018 07:47
Last Modified: 19 Feb 2018 04:24
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item