PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (Numbered Heads Together) TERHADAP MOTIVASI dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA

KHASANAH, ANISA NUR, B2C013004 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (Numbered Heads Together) TERHADAP MOTIVASI dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAPUS.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh NHT(Numbered Heads Together) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar KimiaSiswa pada materi struktur atom kelas X di SMA Negeri 02 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together), sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah.Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dan variabel terikatnya yaitu motivasi dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 02 Batang yang berjumlah 72 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan uji pengaruh dari kedua kelas. Hasil penelitian terbukti terdapat pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar, dari 72 responden40 responden menyatakan adanya peningkatan motivasi belajar selama menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Terdapat pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan harga r tabel sebesar 0,978. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model NHT (Numbered Heads Together) terhadap motivasi dan prestasi belajar kimiasiswa pada materi struktur atom kelas X SMA Negeri 02 Batang. Kata kunci: NHT (Numbered Heads Together), motivasi, prestasi belajar, pembelajaran kimia, struktur atom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 03/Kim/X/2017
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 31 Jan 2018 04:13
Last Modified: 31 Jan 2018 04:13
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item