Rahmawati, Alfiana, B2B014014 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DENGAN PENDEKATAN SAVIK TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Edutainment, SAVIK, Minat, Kemandirian. Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMA Institut Indonesia Semarang menuntut agar siswa belajar mandiri, namun pada kenyataannya siswa terbiasa dituntun guru sewaktu belajar, akibatnya kemandirian siswa kurang. Begitu juga dengan minat siswa masih kurang dalam pembelajaran matematika. Kurangnya kemandirian dan minat siswa tersebut menjadi salah satu faktor pendorong rendahnya prestasi belajar siswa kelas X. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK dengan kriteria: prestasi belajar dapat mencapai ketuntasan, terdapat pengaruh minat dan kemandirian terhadap prestasi belajar siswa, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK dan model pembelajaran ekspositori, serta terdapat peningkatan minat dan kemandirian setelah menggunakan model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas X pada SMA Institut Indonesia tahun ajaran 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari prestasi belajar sebagai variabel terikat, serta minat dan kemandirian sebagai variabel bebas. Metode pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 79,54 dan ketuntasan klasikal sebesar 82,14%. Selain itu uji pengaruh menunjukkan adanya pengaruh minat dan kemandirian sebesar 68,9%. Hasil uji beda rata-rata menunjukan adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 79,54, dan kelas kontrol rata-ratanya sebesar 71,40. Hasil uji peningkatan pada kelas eksperimen yaitu terjadi peningkatan minat dan kemandirian, nilai gainscore peningkatan minat 0,335 yang diklasifikasikan ke dalam tingkat sedang, sedangkan nilai gainscore peningkatan kemandirian sebesar 0,671, yang berarti peningkatan tersebut termasuk ke dalam tingkat sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK terhadap peningkatan minat dan kemandirian pada materi Trigonometri kelas X efektif. Saran yang dapat diajukan peneliti yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran edutainment dengan pendekatan SAVIK agar dapat meningkatkan minat dan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 005/Matematika/X/2018 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 03:24 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 03:24 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2138 |
Actions (login required)
View Item |