PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI TURUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CERTAINLY OF RESPONSE INDEX UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

Pratama, Annisa Noviani Ayu, B2B014010 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATERI TURUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS CERTAINLY OF RESPONSE INDEX UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : LKS, Problem Based Learning, Certainly of Response Index. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kedisiplinan dan kekatifan pada saat mengikuti pembelajaran. Pemahaman konsep siswa kurang disebabkan pembelajaran didominasi LKS. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui LKS valid, (2) mengetahui keefektifan penerapan LKS, (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah R&D denggan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini untuk mengembangkan LKS dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Certainly of Response Index. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Walisongo Semarang kelas XI. Hasil yang diperoleh yaitu: uji validitas LKS diperoleh persentase sebesar 83,33% dalam kategori valid dan layak digunakan. Uji efektifitas mengambil data ketuntasan pemahaman konsep didapat thitung = 4,053 dan Zhitung = 0,21 sehingga dapat dikatakan data mencapai ketuntasan individu dan klasikal. Uji pengaruh Kedisiplinan dan keaktian terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 92,1%. Uji beda ratarata didapat kelas eksperimen sebesar 86,31 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 81,42 sehingga dapat dikatakan pembelajaran efektif. Uji peningkatan pemahaman konsep diperoleh nilai 0,56 yaitu terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan LKS valid, pembelajaran efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, sehingga dapat digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 011/Matematika/X/2018
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item