PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN PENDEKATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 JEPARA

Utomo, Budi, B2B014013 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN PENDEKATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 JEPARA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK DAN ABSTRAC.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FINAL.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana pembelajaran matematika masih dengan metode konvensional serta dari informasi yang didapat dilapangan sebelumnya, hasil belajar peserta didik terhadap matermatika terbilang kurang optimal. Karena itu, guna meningkatkan hasil belajar matematika yang diharapkan, diperlukan model pembelajaran yang proses pembelajarannya dapat dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Jepara tahun ajaran 2018/2019 dengan pendekatan karakter dan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi operasi aljabar. Pembelajaran RME adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang lebih menekankan realitas dan lingkungan sebagai titik awal dari pembelajaran. Pembelajaran ini sangat tepat diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar yang mana peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Jepara dengan sampel adalah peserta didik kelas VII. Pengumpulan data dengan menggunakan soal tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus terdapat 1 peserta didik atau 4,1% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 23 peserta didik atau 95,9% dengan nilai rata – rata 47,5. Pada siklus I terdapat 14 peserta didik atau 58,33% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 10 peserta didik atau 41,67% dengan nilai rata – rata 62,5. Pada siklus II terdapat 20 peserta didik atau 83,33% peserta didik yang tuntas dalam belajar dan belum tuntas sebanyak 4 peserta didik atau 16,67% dengan nilai rata – rata 74,58. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME dengan pendekatan karakter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Operasi Aljabar dengan ditunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I sebesar 54,23%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%, serta dari pra siklus ke siklus II sebesar 79,23%. Kata Kunci: RME, Hasil Belajar, Pendekatan Karakter

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 06/Matematika/X/2018
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item