PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK SMA KELAS XII

Dewi, Lutfiana Kartika, B2C014020 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK SMA KELAS XII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Lutfi abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lutfi BAB 1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lutfi BAB 2.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
Lutfi BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
Lutfi BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Lutfi BAB 5.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lutfi daftar pustaka.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Buku Petunjuk Praktikum Kimia berbasis Guided Inquiry yang valid, praktis, dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design, and Develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry memperoleh rerata skor validasi sebesar 71,2 sehingga dinyatakan sangat valid secara teoritis. buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry dinyatakan praktis karena hasil rerata skor uji kepraktisan peserta didik sebesar 38,8 yang termasuk dalam kategori sangat praktis dan memperoleh rerata skor dari guru sebesar 66 yang termasuk dalam kategori praktis. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry mendapat tanggapan baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry dinyatakan valid, praktis, dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: Buku Petunjuk Praktikum Kimia, Guided Inquiry

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 006/KIMIA/X/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item