IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

Afifah, Kunnti, B2C014015 (2018) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : learning cycle 5E, keterampilan proses sains, koloid. Keberhasilan dalam proses pembelajaran siswa dapat dilihat berdasarkan pada tiga aspek yang terdapat pada keterampilan proses sains yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia dengan model learning cycle 5E dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains yang paling baik ditampilkan siswa dala pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian non equivalent (pretest-postest control group design). Objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa dengan Sembilan indicator keterampilan yang diamati, yaitu : keterampilan berkomunikasi, keterampilan menerapkan konsep, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan meramalkan, keterampilan mengamati, keterampilan menginterpretasi data, keterampilan merencanakan perobaan, keterampilan menyusun hipotesis, dan keterampilan mengajukan pertanyaan. Teknik pengampilan smpel mengggunakan random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji T dan taraf signifikan 5%. Sebelum dilakukan uji prasyarat yaitu uji nomalitas dan uji homogenitas. Dari analisis uji hipotesis menunjukkan nilai sig . (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan signifikan penggunaan model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Hasil penelitin menunjukkan bahwa model learning cycle 5E dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 011/Kimia/X/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:45
Last Modified: 19 Dec 2018 01:12
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item