IMPLEMENTASI LESSON STUDY TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI TERMOKIMIA

STIARSO,MUHAMMAD AGUNG, B2C014003 (2019) IMPLEMENTASI LESSON STUDY TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI TERMOKIMIA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikel full text.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stiarso, Muhammad Agung. 2019. Implementasi Lesson Study Terhadap Keaktifan Pembelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Termokimia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Dr, Eny Winaryati, M.Pd,. II. Dr. Endang Tri Wahyuni Maharani M.Pd. Kata kunci: Lesson Study, Keaktifan, Termokimia Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi siswa. Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam pembelajaran guru dituntut untuk menerapkan sebuah pendekatan, metode, dan teknik-teknik tertentu yang dapat menciptakan kondisi kelas pada pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada materi termokimia. Lesson study adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada permasalahan siswa dan aktivitas siswa yang dianalisis oleh guru secara bersama sehingga akan diciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan juga hasil belajar siswa yang memenuhi KKM khususnya pada materi termokimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah melalui lesson study dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta mengetahui model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa materi termokimia di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Gubug. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif menggunakan tahapan pada lesson study yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (see). Implementasi Lesson Study dapat meningkatkan keaktifan pembelajaran siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI IPA dengn menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang merupakan hasil refleksi dari siklus I dan II. Nilai rata-rata analisis angket siklus I 2,40, siklus II meningkat menjadi 2,60, pada siklus III meningkat menjadi 3,25, menunjukkan meningkatnya keaktifan belajar disetiap siklus. Melalui Lesson Study meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 72,50 dan 17 siswa yang belum memenuhi KKM. Hasil belajar siswa pada siklus II, delapan siswa yang belum tuntas KKM sedangkan pada siklus III dua siswa tidak lulus KKM. Nilai kognitif rata- rata siklus II 78,73 dan rata rata nilai siklus III 89,21. Hasil belajar nilai lembar observasi ranah psikomotorik siklus I 2,21, siklus II 2,68 dan siklus III 3,25 menunjukkan peningkatan disetiap siklus pada ranah psikomotorik. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui implementasi Lesson Study dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 003/Pend.Kimia/I/2020
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 09 Apr 2020 06:21
Last Modified: 09 Apr 2020 06:21
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item