PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PENDEKATAN INKUIRI BERNUANSA KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI TRIGONOMETRI

WAHYUNI, SRI, B2B015021 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PENDEKATAN INKUIRI BERNUANSA KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI TRIGONOMETRI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika adalah sebuah proses pembelajaran yang mempelajari ilmu-ilmu eksakta. Hasil observasi yang dilakukan menunjukan salah satu permasalahan adalah penggunan LKPD yang hanya berisikan ringkasan materi dan latihan soal tanpa ada langkah-langkah yang membantu mengarahkan peserta didik dalam menyelesikan masalah, hal ini menyebabkan peserta didik kurang mampu dalam menyelesiakan permasalah dan kurangnya karakter pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas diberikan solusi berupa penggunaan LKPD dengan menggunakan pendekatan inkuiri dan bernuansa karakter guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengembangkan LKPD yang valid dan apakah LKPD yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA N 9 Semarang, dengan teknik pengambilan sample berupa sampling insidental hasilnya berupa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan diperoleh dari angket, lembar observasi, dan hasil soal evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil test kemampuan pemecahan masalah dan variabel bebas berupa kemandirian dan kerjasama. Hasil penilaian ahli grafis dan ahli media menunjukan rata-rata 88.15 dengan kriteria sangat baik. Kemampuan pemecahan masalah mecapai ketuntasan individual dan klasikal dengan persentase ketuntasan 86.11%, terdapat pengaruh kemandirian dan kerjasama terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 82.5%, dan terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen yaitu 86.000 dengan kelas kontrol yaitu 80.611. Berdasarkan hasil penelitian diatas penelitian ini memenuhi kriteria valid dan efektif. Guna menyempurnakan LKPD yang dibuat diberikan saran untuk perbaikan dalam penggunaan gambar yang sesuai dengan permasalah dalam soal yang akan dikerjakan, sehingga akan membantu peserta didik untuk lebih memahami maksud dari permasalahan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perbaikan pada bagian LKPD terkait representasi permasalahan pada gambar sehingga akan membantu peserta didik dalam memahami permasalah. Kata Kunci: LKPD, Inkuiri, Karakter ix ABSTRACT Learning Mathematics is a learning process that learns the sciences. The results of the observation showed that one problem is the use of LKPD which contains only a summary of the material and practice of problems without any steps that help to direct learners in complete problems, this causes Learners are less capable in about of problems and lack of character to learners in the learning process. Based on the problems above is given a solution in the form of use LKPD using an inquiry and character nuance approach to improve the problem solving skills of learners. The purpose of this research is to know how to develop a valid LKPD and whether the LKPD is developed effectively for use in the learning process. This research is a research and development that consists of a level of definition, design, and development. The population in this study is XI SMA N 9 Semarang class, with the sample sampling technique in the form of the results in the form of class XI MIPA 3 as experimental class and class XI MIPA 1 as control class. The Data used is obtained from the poll, observation sheet, and the result of evaluation done by the learners. Based on the results of the research conducted, variables tied from this research are test results of problem solving skills and variables are independent of self-reliance and cooperation. The results of graphic experts and media experts show an average of 88.15 with excellent criteria. The ability to solve individual and classical guidance with a percentage of 86.11% submission, there is an influence of self-reliance and cooperation on problem solving capabilities of 82.5%, and there is an average difference in class experiments namely 86,000 with the control class is 80,611. Based on the research results, the study meets valid and effective criteria. In order to improve the LKPD made given suggestions for improvements in the use of images that correspond to the problem in question that will be done, it will help learners to better understand the intent of the problem. Suggestions for subsequent research are improvements to the LKPD section regarding the representation of the problem in the image so that it will help learners understand the problem. Keywords: LKPD, Inquisition, Character

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 007/P.Matematika/I/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 23 Apr 2020 05:32
Last Modified: 23 Apr 2020 05:32
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item