PENGEMBANGAN EDU KOMIK PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER PADA MATA PELAJARAN POLA BILANGAN KELAS VIII

HAKIM, LUQMANUL, B2B014008 (2019) PENGEMBANGAN EDU KOMIK PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER PADA MATA PELAJARAN POLA BILANGAN KELAS VIII. Undergraduate thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Manuskrip.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edu Komik, Materi Pola Bilangan Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika (2) rendahnya nilai karakter siswa MTs (3) siswa tidak dapat memecahkan masalah secara tepat dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan R&D yang bertujuan untuk mengembangkan media komik. Edu komik ini dibuat menggunakan softwere clip studio paint, di dalam komik ini terdapat materi pola bilangan dalam bentuk cerita fantasi. Basis yang digunakan adalah berbasis pendidikan berkarakter dengan model pengembangan Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mranggen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas VIII B, kelas VIII C dan kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil dari pengumpulan data dianalisis melalui beberapa uji. Analisis validasi media melalui beberapa ahli dan pengguna media, diperoleh tingkat kevalidan media melalui beberapa ahli dan pengguna media, diperoleh tingkat kevalidan materi yaitu 83,47% dalam kategori cukup valid dan layak digunakan. Analisis keefektifan menunjukkan rata-rata ketuntasan individual kemampuan pemahaman konsep mencapai 86,6667 lebih tinggi dari rata-rata KKM yang ditentukan yaitu 81 dan ketuntasan klasikal dengan proporsi 91,67% lebih tinggi dari yang ditentukan yaitu 80%. Minat juga mempengaruhi kemampuan berfikir logis siswa dengan persentase pengaruh 84,3% dan sikap mempengaruhi kemampuan berfikir logis siswa sebesar 77,3%. Sedangkan minat dan sikap mempengaruhi kemampuan berfikir logis siswa sebesar 86,9%. Penerapan media pembelajaran edu komik ini memiliki perbedaan rata-rata kemampuan berfikir logis antara kelas eksperimen yaitu 86,6667 lebih baik dari kelas kontrol yaitu 80,11. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan media edu komik pembelajaran berbasis pendidikan berkarakter pada materi pola bilangan valid dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 011/P.Matematika/I/20
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 08 Jul 2020 05:00
Last Modified: 08 Jul 2020 08:11
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item