PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MAGIC DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI ALJABAR

ISTIQOMAH, SITI, B2B015006 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MAGIC DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI ALJABAR. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
BAB I ok.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ok.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB III ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V ok.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
karya ilmiah .pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi aljabar khususnya perkalian aljabar karena pemahaman konsep untuk menyelesaikan soal masih rendah. Kurangnya rasa percaya diri dan kemandirian belajar mengakibatkan prestasi belajar siswa juga rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan media pembelajaran dengan model pembelajaran tipe Group Resume dengan pendekatan konstruktivisme materi aljabar kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid dan pembelajaran dengan media pembelajaran yang dikembangkan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang mengadaptasi 9 dari 10 langkah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari kelas VII A sebagai kelas kelas eksperimen, kelas VII B sebagai kelas kontrol, dan kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes evaluasi. Kevalidan produk yang dikembangkan berdasarkan validasi yang terdiri dari validasi ahli media dengan rata-rata tingkat pencapaian 90,63%, ahli materi sebesar 87,5% dan pengguna media sebesar 81,88%. Rata-rata tingkat pencapaian yang didapat 89,06%, sehingga media pembelajaran layak digunakan. Hasil uji ketuntasan prestasi belajar mencapai ketuntasan belajar secara individual dengan KKM 71 sebanyak 27 siswa dari 31 siswa dan ketuntasan secara klasikal 87,097%. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa percaya diri dan kemandirian belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 90,7%. Hasil uji beda rata-rata menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik yaitu 80,06 daripada kelas kontrol sebesar 73,71. Jadi media pembelajaran Papan Magic dalam model pembelajaran tipe Group Resume dengan pendekatan konstruktivisme kelas VII materi aljabar valid dan pembelajarannya efektif. Berdasarkan penelitian diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran dan menginovasi model pembelajaran sebagai sarana dalam meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Papan Magic, Group Resume, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 005/P.Matematika/I/20
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item