Masruroh, B2B015013 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT BEBAS PLAGIATISME.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kesulitan dalam mengenal bangun persegi, lingkaran, dan segitiga dalam bentuk benda/objek sekitar, sehingga dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu peserta didik seperti yang kita ketahui bahwa media pembelajaran berperan penting dalam membantu peserta didik memahami materi yang disampaikan guru. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media Pop-Up Book, sehingga diperlukan penyederhanaan ilustrasi suatu objek. Ilustrasi bangunan dunia dipilih karena media Pop-Up Book memiliki ciri yaitu menyederhanakan sesuatu yang rumit untuk ditampilkan. Maka dari itu, dibutuhkan media Pop-Up Book Geometri untuk menjawab kesulitan dalam mengenalkan bangun persegi, lingkaran, dan segitiga dalam bentuk benda/objek sekitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui proses pembuatan media Pop-Up Book Geometri yang dikembangkan sesuai dengan tahap model pengembangan Thiagarajan; 2) untuk mengetahui media Pop-Up Book Geometri yang dikembangkan valid untuk peserta didik anak usia dini; 3) untuk mengetahui adanya peningkatkan kecerdasan visual spasial dan logika matematika peserta didik dalam penerapan media Pop-Up Book Geometri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik anak usia dini atau taman kanak-kanak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak sebanyak 24 peserta didik. Model yang digunakan mengadopsi dari Thiagarajan yaitu pengembangan model 4-D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian mencakup 3 tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel perantara dengan teknik pengambilan data wawancara, validasi ahli materi dan media, dokumentasi, dan tes lisan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) proses pembuatan media Pop-Up Book Geometri yang dikembangkan sesuai dengan tahap model pengembangan Thiagarajan yaitu melalui tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Media telah divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 2 guru anak usia dini. 2) Kevalidan media Pop-Up Book Geometri dinilai berdasarkan uji kevalidan dilakukan oleh validator dengan rata-rata total sebesar 80,625 termasuk valid dengan ini dapat disimpulkan media Pop-Up Book Geometri valid. 3) Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh peningkatan kecerdasan visual spasial sebesar 20,93% dan kecerdasan logika matematika sebesar 40,34% setelah penerapan media Pop-Up Book Geometri. Kata Kunci: logika matematika, media pop-up book, R & D, visual spasial
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 009/P.Matematika/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4099 |
Actions (login required)
View Item |