ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PRESEPSI KONSUMEN KOPI DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES

Qomariyah, Nurul, B2A016021 (2020) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PRESEPSI KONSUMEN KOPI DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES. Undergraduate thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Pengesahan Kelulusan.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Kopi adalah hasil perkebunan Indonesia yang mempunyai daya saing tinggi di pasar Internasional. Permintaan kopi dapat dipengaruhi oleh presepsi masyarakat terhadap kopi di Indonesia. Masyarakat mudah memberikan opini dan pendapat melalui media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digemari disemua kalangan yakni Twitter. Jenis kopi yang menjadi tranding topik di twitter saat ini adalah kopi luwak, kopi hitam, kopi sakit dan kopi pahit. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai sentimen positif dan negatif masyarakat terhadap kopi di Indonesia. Untuk menentukan presepsi baik atau buruk masyarakat yang dapat mempengaruhi permintaan kopi digunakan analisis sentimen dengan Naïve Bayes Multinomial. Naïve Bayes Multinomial adalah metode yang digunakan dalam memproses teks, mudah diimplimentasikan serta memiliki nilai akurasi tinggi serta menangani ukuran kosakata dalam jumlah yang besar serta mereduksi tingkat eror yang tinggi. Data yang digunakan berdasarkan data scrapping dari twitter. Sentimen positif yang diperoleh adalah masyarakat Indonesia suka kopi luwak, kopi hitam, dan penikmat kopi yakni pria, serta sentimen negatif yang diperoleh adalah sakit perut setelah minum kopi. Hasil pengujian diperoleh nilai accuracy sebesar 94%, precission pada sentimen positif sebesar 97% dan negatif 80%, dan recall pada sentimen positif sebesar 96% dan negatif 86%. Kata kunci : Kopi, Twitter, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Multinomial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 011/Statistik/X/2020
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:57
Last Modified: 09 Mar 2021 03:57
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item