PENGARUH BULLYING TERHADAP KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMPN 29 SEMARANG

Wijayanto, Galih Aditiya, G2A218023 (2020) PENGARUH BULLYING TERHADAP KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMPN 29 SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
Lampiran- Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Publikasi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Bullying merupakan salah satu perilaku kekerasan yang banyak terjadi di hampir seluruh sekolah di Indonesia. Remaja korban bullying cenderung memiliki konsep diri yang negatif, hal ini mengakibatkan korban bullying cenderung bersikap tidak menyukai dan tidak menerima keadaan dirinya sehingga rasa percaya diri, dan harga diri akan berkurang serta dapat menghambat interaksi sosial. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perilaku bullying terhadap konsep diri pada remaja di SMPN 29 Semarang. Metode penelitian: metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan kausal – komparatif. Populasi yang akan digunakan yaitu siswa-siswi kelas VIII di SMPN 29 Semarang yang berjumlah 256 siswa. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah 156 responden. Hasil penelitian: Hasil uji normalitas Kolmogorov-smirnov diketahui nilai signifikansi (Sig.) 0,00 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai p value sebesar 0.000. Simpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh bullying terhadap konsep diri pada remaja di SMPN 29 Semarang. Berdasarkan hasil uji R square diketahui bahwa bullying memiliki pengaruh sebesar 51,1% untuk menentukan konsep diri pada remaja, dan 48,9% sisanya dipengaruhi oleh sesuatu yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran: Dapat memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat umum dan menjadi masukan bagi pemerintah maupun dinas terkait dalam membuat kebijakan-kebijakan maupun program dalam usaha meningkatkan usaha preventif seperti penyuluhan pada sekolah-sekolah maupun membuat organisasi anti bullying yang melibatkan guru-guru terkait dengan bullying yang terjadi di sekolah. Kata kunci : Bullying, Konsep Diri, Remaja

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors Thesis: Ns. Eni Hidayati., M.Kep.,Sp.Kep.Jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item