Nafiah, Lailatun, G2A218047 (2020) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATANPUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BRABO. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
1. Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang dirancang dengan baik serta terkendali guna memenuhi harapan para pengguna jasa. Kualitas pelayanan kesehatan dalam bidang keperawatan sangat mempengaruhi kepuasan masyarakat khususnya pada bidang pelayanan puskesmas. Puskesmas memiliki peran penting dalam penanganan pandemi covid19. Kualitas diukur dalam lima dimensi mutu yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Tujuan penelitian: untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan keperawatan pada masa pandemi covid-19 di desa Brabo. Metode penelitian : desain penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian survey dengan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Brabo sebanyak 70 sampel. Sample penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel 30 responden. Analisis data menggunakan univariat. Variabel tunggal untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan pada masa pandemi covid-19 di desa Brabo Tanggunghajo Grobogan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penalitian: variabel Tangibles (93,3%), reability (80%), responssivenes (80%), assurance (90%), empathy (90%). Simpulan: variabel kualitas pelayanan keperawatan dalam kategori baik pada variabel Tangibles, assurance dan empathy. Saran: perlu adanya peningkatan pelayanan keperawatan, seperti penerapan sop, penggunaan alat medis selama masa pandemi, mendengarkan keluhan pasien, penyelesaian keluhan pasien, serta perlu adanya peningkatkan jaminan keamanan. Kata kunci:kualitas pelayanan, dimensi kualitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Contributors Thesis: | Arief Yanto, S.Kep, M.Kep |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4475 |
Actions (login required)
View Item |