GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATANPUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BRABO

Nafiah, Lailatun, G2A218047 (2020) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATANPUSKESMAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BRABO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang dirancang dengan baik serta terkendali guna memenuhi harapan para pengguna jasa. Kualitas pelayanan kesehatan dalam bidang keperawatan sangat mempengaruhi kepuasan masyarakat khususnya pada bidang pelayanan puskesmas. Puskesmas memiliki peran penting dalam penanganan pandemi covid19. Kualitas diukur dalam lima dimensi mutu yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empathy. Tujuan penelitian: untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan keperawatan pada masa pandemi covid-19 di desa Brabo. Metode penelitian : desain penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian survey dengan instrument berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Brabo sebanyak 70 sampel. Sample penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel 30 responden. Analisis data menggunakan univariat. Variabel tunggal untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan pada masa pandemi covid-19 di desa Brabo Tanggunghajo Grobogan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penalitian: variabel Tangibles (93,3%), reability (80%), responssivenes (80%), assurance (90%), empathy (90%). Simpulan: variabel kualitas pelayanan keperawatan dalam kategori baik pada variabel Tangibles, assurance dan empathy. Saran: perlu adanya peningkatan pelayanan keperawatan, seperti penerapan sop, penggunaan alat medis selama masa pandemi, mendengarkan keluhan pasien, penyelesaian keluhan pasien, serta perlu adanya peningkatkan jaminan keamanan. Kata kunci:kualitas pelayanan, dimensi kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors Thesis: Arief Yanto, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 27 May 2021 08:08
Last Modified: 27 May 2021 08:08
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item View Item