NINGRUM, ARISKA FITRIYANA, B2A219032 (2020) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERNGROWTH DALAM MARKET BASKET ANALYSIS PADA KOPERASI WASERDA BRAVO. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text
18. HASIL OLAH DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Data mining atau lebih tepatnya Market Basket Analysis (MBA), dimana sebuah data yang banyak tersebut diolah dan diperoleh informasi tersembunyi yang menghasilkan knowledge sehingga dapat berguna untuk mengambil keputusan oleh produsen.. Analisis data transaksi ini menghasilkan pola pembelian produk yang sering terjadi. Penelitian ini menggunakan Algoritma FP-GROWTH sebagai metode untuk memecahkan masalah. Dalam membuat association rule dalam sebuah produk menggunakan nilai minimum support dan minimum confedence serta nilai lift ratio. Penelitin ini menggunakan data transaksi bulan mei 2020 di Toko Waserda Bravo dengan sampel yang digunakan sebanyak 500 transaksi. Item yang memiliki transaksi terbanyak yaitu pada produk BABY CUSSONS 50ML dengan jumlah transaksi sebanyak 97 kali. Salah satu rule dengan nilai lift terbesar ada pada produk ASPIRIN BINTANG 6 N16 dan COLOG DEO MORIS PARFUM dengan konsumen akan cenderung membeli item BASKOM GREENLINE 10 dimana nilai lift pada rule ini sebesar 7.14 sehingga kedua barang tersebut dapat diletakkan secara bersamaan. Kata Kunci: Data Mining, Association rule, Frequent Pattern-Growth Algorithm.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 037/Statistik/XI/2020 |
Subjects: | L Education > Statistics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Statistics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
View Item |