ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERNGROWTH DALAM MARKET BASKET ANALYSIS PADA KOPERASI WASERDA BRAVO

NINGRUM, ARISKA FITRIYANA, B2A219032 (2020) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERNGROWTH DALAM MARKET BASKET ANALYSIS PADA KOPERASI WASERDA BRAVO. Undergraduate thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
18. HASIL OLAH DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Data mining atau lebih tepatnya Market Basket Analysis (MBA), dimana sebuah data yang banyak tersebut diolah dan diperoleh informasi tersembunyi yang menghasilkan knowledge sehingga dapat berguna untuk mengambil keputusan oleh produsen.. Analisis data transaksi ini menghasilkan pola pembelian produk yang sering terjadi. Penelitian ini menggunakan Algoritma FP-GROWTH sebagai metode untuk memecahkan masalah. Dalam membuat association rule dalam sebuah produk menggunakan nilai minimum support dan minimum confedence serta nilai lift ratio. Penelitin ini menggunakan data transaksi bulan mei 2020 di Toko Waserda Bravo dengan sampel yang digunakan sebanyak 500 transaksi. Item yang memiliki transaksi terbanyak yaitu pada produk BABY CUSSONS 50ML dengan jumlah transaksi sebanyak 97 kali. Salah satu rule dengan nilai lift terbesar ada pada produk ASPIRIN BINTANG 6 N16 dan COLOG DEO MORIS PARFUM dengan konsumen akan cenderung membeli item BASKOM GREENLINE 10 dimana nilai lift pada rule ini sebesar 7.14 sehingga kedua barang tersebut dapat diletakkan secara bersamaan. Kata Kunci: Data Mining, Association rule, Frequent Pattern-Growth Algorithm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 037/Statistik/XI/2020
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:55
Last Modified: 18 Jun 2021 02:55
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item