ANALISIS KLASIFIKASI SENTIMEN PADA TWITTER MENGENAI NETFLIX YANG DIBLOKIR OLEH TELKOM MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE

El Husna, Rizqa, B2A219030 (2020) ANALISIS KLASIFIKASI SENTIMEN PADA TWITTER MENGENAI NETFLIX YANG DIBLOKIR OLEH TELKOM MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
20. Jurnal Rizqa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Netflix merupakan salah satu media streaming online yang beroperasi di Indonesia sejak 2016. Biaya langganan Netflix yang mahal dibandingkan media streaming lain tidak menghalangi pertumbuhan Netflix di Indonesia. PT. Telkom Indonesia yang memblokir Netflix bagi pelanggannya, mengakibatkan pelanggan Telkom tidak bisa mengakses Netflix menggunakan provider Telkomsel dan Indihome. Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya membaca, meneruskan,dan mengirim pesan berbasis teks. Pada media sosial Twitter banyak pelanggan Telkom yang menyampaikan opini mengenai perihal Netflix diblokir. Berdasarkan opini publik di media sosial Twitter metode klasifikasi cocok digunakan untuk mengetahui sentimen publik. Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan Support Vector Machine (SVM) sering digunakan pada analisis sentimen. NBC merupakan algoritma yang digunakan untuk mencari nilai probabilitas tertinggi untuk mengklasifikasikan data testing pada kategori yang paling tepat. SVM merupakan usaha mencari hyperlane terbaik yang berfungsi sebagai pemisah dua buah kelas dengan memaksimalkan jarak antar kelas .Jumlah tweet yang diteliti pada penelitian ini sebanyak 1789 tweet. Perbandingan data training dan data testing pada penelitian adalah 70% dan 30%. Pada pengujian data testing sebanyak 530 data menggunakan Naïve Bayes Classifier akurasi klasifikasi yang didapat yaitu sebesar 75.47%. Sedangkan metode Support Vector Machine menggunakan Kernel Radial Basic Function (RBF) diperoleh akurasi sebesar 86.04%. Berdasarkan nilai akurasi, metode Support Vector Machine menggunakan Kernel RBF memiliki performa lebih baik dalam mengklasifikasi data sentimen. Kata Kunci: Netflix, Twitter, Analisis Sentimen, Support Vector Machine (SVM), Naive Bayes Classifier (NBC).

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 041/Statistik/XI/2020
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item