GAMBARAN PROSES KOMUNIKASI PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSU PKU MUHAMMADIYAH GUBUG

Sari, Shinta Mayang, G2A016053 (2020) GAMBARAN PROSES KOMUNIKASI PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSU PKU MUHAMMADIYAH GUBUG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (1).pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan status kesehatan. Rumah sakit dalam menjalankan pelayanan kesehatan menggunakan sistem manajemen keperawatan. Rumah sakit yang baik harus didukung dengan adanya manajemen yang baik dengan mengarahkan perawat dalam mencapai tujuan.Komunikasi perawat merupakan suatu kegiatan proses penyampaian informasi maupun ide-ide antara anggota organisasi secara timbal-balik untuk mencapai tujuan bersama. Komunikasi perawat memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk menyampaikan ide, mempengaruhi orang lain, mengubah perilaku orang lain dan memahami ide orang lain Tujuan : Mengetahui gambaran proses komunikasi perawat di ruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Gubug. Manfaat : Memberikan informasi mengenai komunikasi perawat yang baik dan efektif agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi perawat dan tim kesehatan lainnya. Metode : Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan crossectional dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form). Responden penelitian ini adalah perawat diruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Gubug dengan jumlah sampel 51 responden. Hasil penelitian : Sender dengan kategori baik sebanyak 35 (68,6%), Encoding dengan kategori baik sebanyak 36 (70,6%), Message dengan kategori baik sebanyak 46 (90,2%), Channel atau medium dengan kategori baik sebanyak 35 (68,6%), Decoding kategori baik sebanyak 39 (76,5%), Receiver dengan kategori baik sebanyak 51 (100%), Noise dengan kategori baik sebanyak 33 (64,7%), Feedback dengan kategori baik sebanyak 51 (100%). Kesimpulan : Komunikasi perawat di ruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Gubug dalam kategori baik. Saran : Komponen proses komunikasi perawat sudah baik, tetapi terdapat komponen perlu ditingkatkan yaitu komponen umpan balik (feedback) dimana perawat pelaksana dapat berkonsultasi dengan leluasa kepada atasan, sehingga tidak terjadinya miss komunikasi yang berdampak pada keselamatan pasien. Kata kunci : Proses Komunikasi Perawat, Penerima (Receiver)

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors Thesis: Dr. Vivi Yosafianti Pohan., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4611

Actions (login required)

View Item View Item