PENGEMBANGAN MEDIA TURSI POCKET BOOK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI

ANJUNI, ZIKA DIAH, B2B017009 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA TURSI POCKET BOOK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman persetujuan.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Tursi Pocket Book, Pemahaman Konsep Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh hasil belajar yang kurang maksimal karena pemahaman konsep siswa rendah. Siswa masih kesulitan untuk membangun sendiri pemahamannya, mengaitkan konsep – konsep matematis yang pernah dipelajari sebelumnya, serta kesulitan menerapkan formula yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan yang telah dimilikinya. Tujuan penelitian untuk menentukan kevalidan media Tursi Pocket Book dengan pendekatan inkuiri terbimbing, mengetahui keefektifan media pembelajaran dan mengetahui kepraktisan media Tursi Pocket Book dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dibatasi sampai tahap 3D yaitu Define, Design, dan Develop karena terkendala waktu dan biaya. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 1, MIPA 2 dan MIPA 3. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu uji validasi ahli media sebesar 4,19 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 4,12 dengan kriteria valid. Nilai evaluasi kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan media Tursi Pocket Book mencapai KKM sebesar 87,8 dengan persentase ketuntasan 96.8%. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan kemandirian terhadap kemampuan pemahaman konsep dalam penerapan media Tursi Pocket Book sebesar 37,1% dan terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen 87,8 dan kelas kontrol yaitu 78,6. Sedangkan hasil dari respon siswa sebesar 3,32 dan hasil respon guru sebesar 3,58 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu pengembangan media Tursi Pocket Book pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep valid, efektif dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 008/P.Matematika/VI/2021
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4703

Actions (login required)

View Item View Item