ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW E-COMMERCE PADA GOOGLE PLAY STORE STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) DENGAN SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN (IG)

Puspita, Rara Ayu, B2A017041 (2021) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW E-COMMERCE PADA GOOGLE PLAY STORE STORE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) DENGAN SELEKSI FITUR INFORMATION GAIN (IG). Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Manuscript Indonesia.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

E-Commerce merupakan proses baru jual beli berbasis online yang sudah memiliki aplikasi mobile. Ada 2 E-Commerce terbaik di Indonesia yaitu Tokopedia dan Shopee. Pentingnya dilakukan analisis sentimen terhadap review E-Commerce pada Google Play Store ini yaitu untuk membantu para konsumen mengetahui tingkat keamanan saat berbelanja menggunakan aplikasi mobile dari kedua E-Commerce tersebut. Selain itu keluaran dari analisis ini dapat dijadikan bahan pertimbangan evaluasi untuk penyedia jasa layanan kedua E-Commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan Naïve Bayes Classifier karena metode tersebut adalah salah satu metode yang bekerja sangat baik dibanding model klasifikasi lainnya. Lalu ditambahkan Seleksi Fitur Information Gain (IG) agar klasifikasi lebih optimal dan dapat meningkatkan akurasinya Nilai akurasi dari klasifikasi metode Naïve Bayes Classifier diperoleh sebesar 50% untuk Tokopedia dan 40% untuk Shopee. Setelah ditambahkan seleksi fitur Information Gain dengan menggunakan 100 fitur terbaik untuk Tokopedia dan 50 fitur terbaik untuk Shopee diperoleh nilai akurasi sebesar 77,5% untuk Tokopedia dan 65% untuk Shopee. Kata Kunci : Analisis Sentimen, E-Commerce, Naïve Bayes Classifier, Information Gain

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 026/Statistika/VI/2021
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4865

Actions (login required)

View Item View Item