PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY

abidin, bunga agneshinta (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL DAN LEMBAR JUDUL_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN_BUNGA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING _BUNGA_B2C0A7015.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III_BUNGA_B2C017015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV_BUNGA_B2C017015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN_BUNGA_B2C017015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
20. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH_BUNGA_B2C017015 (1).pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. MANUSCRIPT_BUNGA_B2C017015.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring bertepatan dengan dituntutnya ilmu pengetahuan sebagai aset teknologi. Teknologi adalah tuntutan dari pembelajaran abad 21. Pada pembelajaran abad 21 ada keterampilan penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu karakter 4 CS diantaranya berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi. Pada penelitian ini lebih menitik beratkan pada kreativitas. jenis penelitian ini merupakan penelitianpenelitian kuantitatif eksperimen dengan metode quasi eksperiment. Dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan kreativitas dengan menggunakan model guided discovery. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negri 15 Semarang yang berjumlah 72 siswa, terdiri dari 36 siswa kelas XI IPA 5 dan 36 siswa kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Guided Discovery Learningdapat memberikan pengaruh sebanyak 13,01%. dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran kimia materi laju reaksi. Penerapan metode Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia baik dalam aspek afektif, kognitif maupun psikomotor.Terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar kimia sebelum dan setelah pembelajaran antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan, kelas eksperimen secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 84,7777 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 73,1111. Kemampuan siswa yang menggunakan metode guided discovery learning lebih tinggi dari pada siswa yang tidak menggunakan metode guided discovery learning. Hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan antara kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 2,0. Maka nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini terjadi karena pengaruh model guided discovery dapat meningkatkan keaktifan peserta didik untuk membaca dan mencari informasi, pengetahuan serta pemecahan terhadap masalah yang diberikan guru, sehingga dengan model pembelajaran tersebut peserta didik memiliki pengetahuan awal melalui membaca serta mengingat dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari jauh lebih lama dibandingkan dengan peserta didik yang memperolah informasi hanya dengan mendengarkan ceramah dari guru. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Guided Discovery, Kreativitas

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorwinaryati, enyUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisortri, endangUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 005/PendidikanKimia/XI/2021
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item