ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA DI PATI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA

ni'mah, liya luthfatun (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA DI PATI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
21. ARTIKEL.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Ni’mah, L.L., 2021, Analisis Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA di Pati dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing:Eko Andy Purnomo, M.Pd., Martyana Prihaswati S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Self-Efficacy, PISA Hasil PISA Indonesia bidang matematika mulai tahun 2000 hingga 2015 berada pada peringkat 10 dari bawah. Hasil tes PISA yang dikerjakan siswa di kabupaten Pati menunjukkan hasil yang sama. Karakter self-efficacy merupakan salah satu karakter yang menunjang dalam pembelajaran matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian analisis kemampuan literasi matematis dan self-efficacy siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dan kemampuan representasi matematis serta self-efficacy siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan metode deskriptif. Pemilihan sekolah pada penelitian ini dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yaitu teknik sampling yang digunakan bila populasi berstrata secara proporsional.Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X dari SMA N 1 Pati, MA Mathali’ul Huda, dan SMA Muria Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles-Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan diakhiri kesimpulan. Instrumen penelitian ini yautu tes soal matematika tipe PISA, lembar kuesioner self-efficacy, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas kemampun penalaran matematis siswa SMA di Pati dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA berada pada kategori rendah.Kemampuan representasi matematis siswa SMA di Pati dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA, yaitu mayoritas siswa SMA di Pati memiliki kemampuan representasi matematis pada rendah. Karakter self-efficacy siswa SMA di Pati berada pada kategori sedang. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti memberikan saran untuk pihak-pihak khususnya guru agar mampu menyusun soal matematika tipe PISA untuk evaluasi dan melatih keberanian serta melatih siswa agar selalu yakin. Siswa hendaknya lebih mandiri, aktif dalam pembelajaran serta membiasakan untuk membaca dan memahami apa yang dibaca.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorpurnomo, eko andyUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorPrihaswati, martyanaUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 020/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item