KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI PERBANDINGAN

sriamah, . (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI PERBANDINGAN. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Artikel Sriamah.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Sriamah. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair share dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistikterhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Materi Perbandingan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Eko Andy Purnomo, S.Pd., M.Pd., II. Venissa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Think Pair Share, Pendidikan Matematika Realistik, Komunikasi Matematis. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah karena siswa belum terbiasa menuliskan apa yang ditanyakan dari soal sebelum menyelesaikannya, siswa sering salah dalam menafsirkannya ketika sedang menghadapi soal cerita. Minat dan keaktifan dalam pembelajaran juga masih terbilang rendah. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dimana proses pembelajaran dengan kegiatan berdiskusi bertujuan untuk mengetahui penerapan model Think Pair Share dengan pendidikan matematika realistik efektif dengan kriteria ketuntasan tercapai, terdapat pengaruh minat dan keaktifan serta beda rata-rata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimendengan populasi seluruh kelas VIISMP 10 November 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya yaitu kelas VII A, VII B dan VII C dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, angket, tes evaluasi, uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematis, secara individual mencapai 8,37%dan secara klasikal mencapai 87,09%. Pengaruh minat dan keaktifan terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar56,5% , terdapat perbedaan dari hasil uji rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dengan kelas control yaitu KKM kelas eksperimen 85,25 dan kelas kontrol 74,19. Kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa model Think Pair Share dengan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi perbandingan efektif. Model pembelajaran ini dapat digunakan pada materi perbandingan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorpurnomo, eko andyUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisormawarsari, venissa dianUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 016/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item