PENGEMBANGAN EDU AGATRIXDENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI

anjarwati, . (2021) PENGEMBANGAN EDU AGATRIXDENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER ATAU HALAMAN AWAL.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BISMILLAH ARTIKEL ANJARWATI (B2B017006).pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Anjarwati. 2021. Pengembangan Edu Agatrix Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing : I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd., II. Venissa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Edu Agatrix, Inkuiri Terbimbing, PemahamanKonsep Pemanfaatan teknologi berbasis android sebagai media pembelajaran belum optimal. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh pemahaman konsep siswamasih kurang. Hal ini dikarenakan guru dalam mengajar belum memanfaatkan media secara optimal hanya menggunakan modul dalam bentuk PPT atau PDF, pembelajaran monoton dan pasif, masih minimnya atensi siswa terhadap soal-soal matriks yang susah dipecahkan dan masih enggan mencari penyelesaian untuk pemecahannya serta siswa belum memanfaatkan smartphone dengan baik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan, solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan media dengan game edukasi petualangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, peningkatan pemahaman konsep, dan kepraktisan mediaEdu Agatrix denganpendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengambilan sampel adalah Convenience Sampling. Subjek uji coba skala kecil 15 siswa dan uji coba lapangan 30 siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru, tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media sebesar 4,4 dengan kriteria valid dan validasi ahli materi sebesar 4,7 dengan kriteria valid, besar peningkatan N-Gain pemahaman konsep siswa kelas XI sebesar 0,59 dengan kriteria sedang, hasil respon siswa sebesar 3,3 dengan kriteria praktis dan respon guru sebesar 3,5 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Edu Agatrix dengan pendekatan inkuiri terbimbing valid, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI, serta praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsulistyaningsih, dwiUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisormawarsari, venissa dianUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 018/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item View Item