anjarwati, . (2021) PENGEMBANGAN EDU AGATRIXDENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
1. COVER ATAU HALAMAN AWAL.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
BISMILLAH ARTIKEL ANJARWATI (B2B017006).pdf Download (696kB) | Preview |
Abstract
Anjarwati. 2021. Pengembangan Edu Agatrix Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing : I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd., II. Venissa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Edu Agatrix, Inkuiri Terbimbing, PemahamanKonsep Pemanfaatan teknologi berbasis android sebagai media pembelajaran belum optimal. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh pemahaman konsep siswamasih kurang. Hal ini dikarenakan guru dalam mengajar belum memanfaatkan media secara optimal hanya menggunakan modul dalam bentuk PPT atau PDF, pembelajaran monoton dan pasif, masih minimnya atensi siswa terhadap soal-soal matriks yang susah dipecahkan dan masih enggan mencari penyelesaian untuk pemecahannya serta siswa belum memanfaatkan smartphone dengan baik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan, solusi yang ditawarkan yaitu pengembangan media dengan game edukasi petualangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, peningkatan pemahaman konsep, dan kepraktisan mediaEdu Agatrix denganpendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengambilan sampel adalah Convenience Sampling. Subjek uji coba skala kecil 15 siswa dan uji coba lapangan 30 siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru, tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media sebesar 4,4 dengan kriteria valid dan validasi ahli materi sebesar 4,7 dengan kriteria valid, besar peningkatan N-Gain pemahaman konsep siswa kelas XI sebesar 0,59 dengan kriteria sedang, hasil respon siswa sebesar 3,3 dengan kriteria praktis dan respon guru sebesar 3,5 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Edu Agatrix dengan pendekatan inkuiri terbimbing valid, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI, serta praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Call Number: | 018/P.Matematika/XI/2021 | ||||||||||||
Subjects: | L Education > Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
||||||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5025 |
Actions (login required)
View Item |