Chyndy, Anggi Lestari (2022) Pengembangan Ular Tangga Kimia Modifikasi Permainan Truth Or Dare Pada Materi Ikatan Kimia Di Sekolah Berbasis Podok Pesantren. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (898kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (786kB) | Preview |
|
Text
HASIL OLAH DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penggunaan media pembelajaran di anggap penting pada proses pembelajaran di kelas, karena dapat membantu guru atau pengajar dalam memberikan pembelajaran secara maksimal, efektif, dan efisien. Keterbatasan peserta didik di sekolah berbasis pondok pesantren adalah keterbatasan pemilihan media karena adanya peratuan pondok yang tidak memperbolehkan peserta didiknya membawa smartphone, android, atau alat elektronik lainnya. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga Kimia Modifikasi Permainan Truth Or Dare Pada Materi Ikatan Kimia Di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development. Prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil yang diperoleh adalah media pembelajaran Ular Tangga Kimia Modifikasi Permainan Truth Or Dare dibuktikan dengan hasil respon peserta didik sebesar 4,6 yang menunjukan sangat baik dan termasuk dalam kriteria Sangat Baik digunakan sebagai media pembelajaran kimia dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi sebesar 4,7 dan hasil validasi ahli media sebesar 4,7, hasil uji coba respon peserta didik dengan skor 4,6 dan hasil uji coba terhadap respon guru dengan skor 4,7. Saran untuk mendukung pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran Ular Tangga Kimia Modifikasi Permainan Truth Or Dare perlu dikembangkan lebih lanjut pada bagian materi. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya dilakukan tahap uji coba skala luas pada beberapa sekolah di Indonesia agar menghasilkan media pembelajaran yang bisa digunakan secara luas. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Ular Tangga, Tuth Or Dare, Ikatan Kimia, Sekolah Berbasis Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||||||
Call Number: | 013/PendidikanKimia/X/2022 | ||||||||||||||||
Subjects: | L Education > Chemistry | ||||||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry | ||||||||||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2022 04:02 | ||||||||||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2022 04:02 | ||||||||||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5904 |
Actions (login required)
View Item |