IDENTIFIKASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI TES PROGRAM INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) BERPENDEKATAN KEARIFAN LOKAL

Linda, Furwanti (2022) IDENTIFIKASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI TES PROGRAM INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) BERPENDEKATAN KEARIFAN LOKAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu peserta didik masih berpusat pada guru, respon peserta didik terhadap suatu permasalahan masih kurang. Minat dalam belajar sains seperti IPA masih rendah dan rata-rata nilai peserta didik belum mencapai KKM. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi sains peserta didik dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain penelitian sequentional explanatory desain. Pada penelitian akan dijelaskan suatu hasil analisis tingkat literasi sains peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kemampuan tingkat literasi sains peserta didik dengan rata-rata hasil yang diperoleh sebanyak 59,31% dengan kategori sedang. Level taksonomi bloom yang diperoleh peserta didik paling tinggi pada level C5 dan C6 dengan perolehan persentase sebanyak 87,26 % dan paling rendah pada C3 dengan perolehan persentase sebanyak 72,70%. Faktor internal seperti minat peserta didik, motivasi peserta didik, persiapan belajar, kebiasaan belajar, kemampuan peserta didik dan faktor ekternal seperti faktor dari Guru, pendekatan/metode pembelajaran yang digunakan, fasilitas belajar, keadaan kelas, dan keluarga sangat berpengaruh terhadap kemampuan tingkat literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Literasi sains, PISA

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 008/PendidikanKimia/X/2022
Subjects: L Education > Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item