Linda, Furwanti (2022) IDENTIFIKASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI TES PROGRAM INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) BERPENDEKATAN KEARIFAN LOKAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (925kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (720kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu peserta didik masih berpusat pada guru, respon peserta didik terhadap suatu permasalahan masih kurang. Minat dalam belajar sains seperti IPA masih rendah dan rata-rata nilai peserta didik belum mencapai KKM. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi sains peserta didik dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain penelitian sequentional explanatory desain. Pada penelitian akan dijelaskan suatu hasil analisis tingkat literasi sains peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi baik faktor internal maupun faktor eksternal. Kemampuan tingkat literasi sains peserta didik dengan rata-rata hasil yang diperoleh sebanyak 59,31% dengan kategori sedang. Level taksonomi bloom yang diperoleh peserta didik paling tinggi pada level C5 dan C6 dengan perolehan persentase sebanyak 87,26 % dan paling rendah pada C3 dengan perolehan persentase sebanyak 72,70%. Faktor internal seperti minat peserta didik, motivasi peserta didik, persiapan belajar, kebiasaan belajar, kemampuan peserta didik dan faktor ekternal seperti faktor dari Guru, pendekatan/metode pembelajaran yang digunakan, fasilitas belajar, keadaan kelas, dan keluarga sangat berpengaruh terhadap kemampuan tingkat literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Literasi sains, PISA
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 008/PendidikanKimia/X/2022 |
Subjects: | L Education > Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5910 |
Actions (login required)
View Item |