Nabila, Salisa Maghfiroh (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER MATERI TURUNAN PADA SISWA KELAS XI DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (915kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (663kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
||
|
Text
9. BAB V.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
13. Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Maghfiroh, N. S. 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Turunan pada Siswa Kelas XI di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Venissa Dian Mawarsari, M.Pd., II. Martyana Prihaswati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Media pembelajaran, Pendidikan Karakter. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat berdampak pada pendidikan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi turunan dengan nilai rata-rata 67,4 dimana nilai masih kurang dari KKM yakni 70, sumber belajar yang masih kurang, siswa beranggapan bahwa materi turunan sulit dipahami, kurangnya karakter jujur dan disipilin, serta guru belum menggunakan media pembelajaran inovatif, melalui perkembangan teknologi pada pembelajaran matematika dibutuhkan suatu media pembelajaran inovatif yaitu video pembelajaran animasi bernuansa pendidikan karakter. Karakteristik yang dikembangkan pada video yakni kombinasi antara animasi dengan konten kreator yang menarik juga terdapat soal cerita dan permasalahan yang mencakup pendidikan karakter. Sehingga didapatkan solusi yakni mengembangkan media video pembelajaran bernuansa pendidikan karakter materi turunan agar menumbuhkan karakter kejujuran dan kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran bernuansa pendidikan karakter materi turunan yang valid dan praktis, berdasarkan hasil penilaian para ahli beserta guru dan siswa melalui angket respon atau angket validasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Define, Design, Develop, Disseminate (4D) melalui tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebarluasan (Disseminate). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Uji coba kelompok kecil media pembelajaran adalah 5 siswa, sedangkan uji coba lapangan adalah 35 siswa dan 2 guru mata pelajaran matematika. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran animasi bernuansa pendidikan karakter valid dan dapat diujicobakan. Kevalidan tersebut dibuktikan melalui uji validasi ahli materi dan media diperoleh nilai akhir hasil validasi ahli materi 3,35 atau 84% dengan kriteria valid meliputi aspek strategi pembelajaran dengan nilai presentase 88%, evaluasi/latihan soal 84% dan kejelasan konsep 83% serta nilai akhir hasil validasi media 3,33 atau 83% dengan kriteria valid meliputi persentase bahasa 85%, audio 83% serta fungsi dan manfaat 83%. Hasil respon siswa dan guru menunjukkan persentase 86% dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon guru menunjukkan persentase 92,71% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran bernuansa pendidikan karakter materi turunan pada pembelajaran matematika valid dan dapat digunakan serta respon penonton positif. Siswa ataupun guru dapat menggunakan media tidak hanya saat proses pembelajaran saja tetapi bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Saran yang mendukung pemanfaatan dan pengembangan media diantaranya: media video pembelajaran bernuansa pendidikan karakter dapat dikembangkan pada materi lain, perlu menambahkan soal latihan, dan media video pembelajaran bernuansa pendidikan karakter dapat ditayangkan dan juga diunduh melalui situs youtube.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 012/PendidikanMatematika/IX/2022 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5977 |
Actions (login required)
View Item |