Annisa, Nurul Jannah (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODULE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS SISWA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
FULLTEX.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Annisa Nurul Jannah, 2023, Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Module untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Venissa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd., II. Eko Andy Purnomo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, berpikir geometris, media pembelajaran, emodule Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada di MTs Muhammadiyah 03 Ngargosari. Berdasarkan wawancara dan observasi, ditemukan beberapa permasalahan, yaitu siswa kesulitan memahami materi bangun ruang sisi datar, kemampuan berpikir geometris siswa rendah, perlunya media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran di sekolah, rendahnya kemandirian belajar dan motivasi siswa. Berdasarkan permasalahan, solusi yang ditemukan adalah dengan implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan berpikir geometris siswa dalam implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module, mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir geometris siswa dan mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir geometris siswa tanpa dan dengan implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 9D SMPN 5 Ungaran sebagai anggota uji coba instrument dan seluruh siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah Ngargosari sebagai anggota uji lapangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, 30 siswa kelas 9D SMPN 5 Ungaran sebagai anggota uji coba instrumen dan seluruh siswa kelas 8 di MTs Muhammadiyah 03 Ngargosari sebagai uji lapangan. Kelas uji coba instrumen digunakan untuk menguji instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data. Uji lapangan, terdapat dua kelas yaitu : kelas eksperimen diberi implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, angket, observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan uji ketuntasan individual dengan t hitung (5.215) > t tabel (1.753), artinya ketuntasan individual terpenuhi. Uji ketuntasan klasikal dengan z hitung (13.75) > z tabel (1.96), artinya ketuntasan klasikal terpenuhi. Uji pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir geometris pada uji koefisien determinasi, didapat pengaruh sebesar 94.7%. Uji beda ratarata kemampuan berpikir geometris, didapat nilai nilai sig. (2-tailed) posttest, sebesar 0.000 < 0.05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir geometris kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module ketuntasan kemampuan berpikir geometris siswa terpenuhi, dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93.75% kategori baik sekali, terdapat pengaruh kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir geometris siswa sebesar 94.7%, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan kemampuan berpikir geometris siswa tanpa dan dengan implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module dan menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir geometris siswa dengan implementasi model pembelajaran PBL berbantuan e-module lebih tinggi dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 012/PendidikanMatematika/VII/2023 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:00 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7091 |
Actions (login required)
View Item |