NUR, MUTMAINAH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (711kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Mutmainah, N., 2023, Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Materi Pola Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd., II. Rohmat Suprapto, S.Ag., M.SI. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, E-Modul, Etnomatematika, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan bahan ajar oleh guru yang masih bersifat teoritis dan kurang menarik pada pembelajaran matematika sehingga menyebabkan siswa kesulitan memahami materi dan merasa bosan saat pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita, khususnya materi pola bilangan dikarenakan siswa masih bingung dalam menentukan apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kesulitan dalam menentukan rumus untuk menyelesaikan soal dan rumus dari barisan bilangan dalam soal, serta kesalahan perhitungan dan penggunaan rumus yang sering dilakukan siswa. Perlu adanya penerapan unsur budaya dalam pembelajaran matematika seperti yang tercantum dalam kompetensi inti kurikulum 2013. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami serta mengandung unsur budaya sehingga siswa tertarik melakukan pembelajaran matematika dan dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalahnya. Bahan ajar tersebut berupa e-modul matematika berbasis etnomatematika yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan dari e-modul matematika berbasis etnomatematika serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian berupa angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon siswa dan guru, serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi sebesar 3,51 dengan kategori sangat valid, respon siswa sebesar 3,38 dengan kriteria sangat praktis dan respon guru sebesar 3,57 dengan kriteria sangat praktis, serta nilai N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis etnomatematika materi pola bilangan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut yaitu e-modul dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan soal-soalnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 007/PendidikanMatematika/VII/2023 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7108 |
Actions (login required)
View Item |