ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PASIEN DAN PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU

Rozak, Abdul, H2A010001 (2014) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PASIEN DAN PELAYANAN FARMASI DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIMUS" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien dipandang sebagai suatu komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan. Pada umumnya penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat dilihat dari beberapa komponen, yaitu: 1) Tangibles (bukti nyata); 2) Reliability (kehandalan); 3) Responsiveness (daya tanggap); 4) Assurance (jaminan); 5) Empathy (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pasien dan pelayanan farmasi terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kedungmundu. Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional dan kuesioner dengan metode cross sectional dan dianalisis dengan uji statistik dengan tingkat kemaknaan 95% yang meliputi analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat terhadap variabel jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan pelayanan farmasi terhadap tingkat kepuasan. Sampel dalam penelitian ini adalah semua orang yang mengambil obat di Puskesmas Kedungmundu pada bulan Maret – April, didapatkan 100 dari 1.713 pasien dalam rata-rata satu bulan setahun terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil : Hasil analisis bivariat dari 100 respoden, variabel usia (p = 0,274) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara usia dengan tingkat kepuasan. Sedangkan jenis kelamin (OR = 3,434; p = 0,028), pendidikan (OR = 21,700; p = 0,000), pekerjaan (OR = 4,923; p = 0,001) dan pelayanan farmasi (OR = 9,893; p = 0,000) menunjukkan bahwa ada hubungan dengan tingkat kepuasan. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin (OR = 3,434; p = 0,017), pendidikan (OR = 21,700; p = 0,003), pekerjaan (OR = 4,923; p = 0,001) dan pelayanan farmasi (OR = 9,893; p = 0,000) merupakan faktor risiko yang mempengaruhi tingkat kepuasan. Kesimpulan : Ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan pelayanan farmasi terhadap tingkat kepuasan dan tidak ada hubungan antara usia dengan tingkat kepuasan. Jenis kelamin, pekerjaan dan pelayanan farmasi berpengaruh terhadap tingkat kepuasan, namun pendidikan merupakan faktor yang paling berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 32/KTI/2014
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item