KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

ZAENI, AHMAD, B2B013006 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rata-rata nilai UTS siswa yang masih belum tuntas, salah satu penyebabnya adalahkemampuan komunikasi matematis siswa yang kurang yaitu siswa belum mampu menggambarkan situasi masalah pada materi bangun ruang dan menyatakan solusinya dengan tahap-tahap penyelesaian aljabar. Selain itu keaktifan dan minat dalam pembelajaran juga masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwingdengan kontekstual. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwingdengan pendekatan kontekstualefektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII pada MTs Hidayatussibyan Lancar tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling. Variabel bebas yang diambil yaitu minat dan keaktifan, sedangkan variabel terika yaitu kemampuan komunikasi matematis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Kriteria pembelajaran efektif: kemampuan komunikasi matematis dapat mencapai ketuntasan, terdapat pengaruh keaktifan dan minat terhadap kemampuan komunikasi matematis, serta terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasimatematis antara siswa yang menggunakan model Snowball Throwingdengan pendekatan kontekstualdengan model pembelajaran ekspositori, sehingga uji yang dilakukan sesuai dengan kriteria pembelajaran efektif tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmencapai ketuntasan secara individual dengan rata-rata 81,271 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 80,9%. Selain itu hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh keaktifan dan minatsiswa terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 92%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan pendekatankontekstualdan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Rata-rata kelas eksperimen adalah 81,271 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 77,248. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing dengan pendekatankontekstualterhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi bangun ruang atau materi lain untuk mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Snowball Throwing, kontekstual,komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 05/Matematika/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item