HERLINA, LIA, B2C014005 (2020) PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS PRO-LINGKUNGAN MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KABUPATEN SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Herlina, Lia.2018. Pengembangan Komik Berbasis Pro-Lingkungan Materi Peristiwa Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V Di Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I: Eko Yuliyanto, S.Pd.Si.,M.Pd., II: Dr. Eny Winaryati, M.Pd. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala alam. Pelajaran IPA telah diajarkan ke siswa mulai dari SD, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan sekitar, yang dapat memanfaatkan potensi daerah sebagai sumber belajar. Keragaman potensi daerah merupakan laboratorium siswa untuk memahami dan mengelola secara mandiri, kreatif, dan produktif. Salah satu potensi daerah di Kabupaten Semarang adalah Rawa Pening. Rawa Pening menyimpan ilmu yang dapat dikemas dalam pelajaran IPA. Hal ini menjadi latar belakang penulis mengembangkan Komik Berbasis Pro-Lingkungan Materi Peristiwa Alam untuk Siswa SD kelas V. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model penelian FourD oleh Thiagarajan. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Development, Dessiminate. Pada tahap define terdiri dari analisis kurikulum, karakteristik siswa, dan materi, serta merumuskan tujuan, tahap design terdiri atas pemilihan format, desain awal, dan validasi produk, tahap Development yaitu uji coba siswa kelas V SDN Asinan 02, dan tahap terahir adalah dessiminate berupa sosialisasi ke SDN Asinan 01 dan SDN Asinan 02. Hasil penelitian menunjukan: 1) Define, produk yang disesuaikan dengan kurikulum, karakteristik siswa, dan materi, sehingga produk yang dikembangkan adalah komik berbasis pro-lingkungan materi peristiwa alam; 2) Design, tahap ini menghasilkan format komik yang terdiri dari materi peristiwa alam, potensi alam rawa pening, dan sikap pro-lingkungan, desain awal komik, selain itu tahap ini didapatkan hasil validasi dari 2 ahli materi 84% Sangat Layak, 3 guru SD 88,3% Sangat Layak, 2 ahli media 85,5% Sangat Layak; 3) Development yaitu uji coba kelas V SDN 02 Asinan sebanyak 17 siswa, berupa pembelajaran menggunakan komik di materi peristiwa alam, respon siswa positif hal ini ditunjukan dengan keaktifan siswa mengikuti pembelajaram dengan tanya jawab, melalui pengisisan angket menghasilkan 100% Sangat Baik. 4) Dessiminate pemyebaran ini dilakukan melalui sosialisasi ke guru SD kelas V SDN Asinan 01 dan SDN Asinan 02 dengan tujuan media yang dibuat dapat digunakan untuk pembelajaran. Kelayakan media selain melalui hasil validasi juga melalui saran dari para validator yang telah direvisi untuk mendapatkan hasil media yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan umum yang didapatkan media komik berbasis pro-lingkungan materi peristiwa alam untuk siswa kelas V SD mendapatkan hasil Sangat Layak. Kata Kunci: Media pembelajaran, pro-lingkungan, peristiwa alam.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 001/Pend.Kimia/I/2020 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 04:34 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 04:34 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3604 |
Actions (login required)
View Item |