Ridwan, Nur Wahid, B2B015018 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERNUANSA KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN COVER.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT BEBAS PLAGIATISME.pdf Download (643kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai siswa yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada materi lingkaran yang disebabkan selama pengajaran masih menggunakan model konvesional, sehingga pembelajaran terasa membosankan, menjadikan siswa kurang komunikatif dan rendahnya sikap kerja keras serta kemandirian siswa dalam belajar yang mengakibatkan kemampuan komunikasi matematika siswa rendah. Terutama kemampuan komunikasi dalam menyelesaikan masalah kontekstual atau cerita. Upaya solusi yang dilakukan untuk menggapi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkannya model pembelajaran quantum learning bernuansa karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menghetahui ketuntasan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum learning bernuansa karakter pada materi lingkaran. 2) Mengetahui pengaruh kerja keras dan kemandirian pada siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika menggunakan model quantum learning bernuansa karakter pada materi lingkaran. 3) Mengetahui terdapat perbedaan rata-rata antara nilai kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan ,model pembelajaran quantum learning bernuansa karakter dengan nilai kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan metode konvensional pada materi lingkaran. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, populasi seluruh siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Kota Semarang. Sample terdiri kelas XI MIPA 5 (Kelas Eksperimen), kelas XI MIPA 4 (Kelas Kontrol), kelas XI MIPA 6 (Kelas Uji Coba). Variabel bebasnya adalah kerja keras dan kemandirian siswa dalam belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematika. Metode yang digunakan adalah tes evaluasi kemampuan komunikasi matematika, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning bernuansa karakter mencapai ketuntasan 89% lebih dari 85% denga kriteria ketuntasan 75. Hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh antara kerja keras terhadap kemampuan komunikasi matematika sebesar 56%, pengaruh kemandirian terhadap komunikasi matematika sebesar 69,8%, dan pengaruh kedua-duanya yaitu kerja keras dan kemandirian terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 73,1%. Hasil uji banding juga menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran quantum learning bernuansa karakter lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvesional. Berdasarkan tiga indikator tersebut maka penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penggunana model pembelajaran. Kata Kunci: Quantum Learning, Komunikasi Matematika, Kerja Keras, Kemandirian
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 010/P.Matematika/XI/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 03:30 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 03:30 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4100 |
Actions (login required)
View Item |