HAQ, NISA DHIYA’UL, G2B013019 (2017) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKANAN DENGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN, DAN ZINK PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUANG RAWAT INAP RSUD TUGUREJO SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
16. BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendahuluan : Penyelenggaraan makanan di rumah sakit seringkali menjadi sorotan, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Hal ini selain karena efek psikologis orang sakit, juga karena makanan sebagai output penyelenggaraan makanan seringkali tidak memberikan kepuasan kepada pasien. Tujuan asupan makan adalah untuk penyembuhan dan pemulihan kesehatan. Asupan makan yang tidak adekuat dalam jangka waktu yang lama akan berakibat penurunan status gizi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan energi, protein, dan zink pada pasien kanker payudara di ruang rawat inap RSUD Tugurejo Semarang. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan metode survei dan pendekatan Cross Sectional yang dilaksanakan di RSUD Tugurejo Semarang pada bulan Juli 2016 dengan jumlah sampel 9 orang. Uji kenormalan data menggunakan uji Shapiro Wilk dan analisis data menggunakanan alisis Korelasi Rank Spearman. Data yang diperoleh meliputi karakteristik sampel, tingkat kepuasan pelayanan makanan, asupan energi, protein, dan zink. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan energi (p = 0,085, r = 0,604), tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan protein (p = 0,066, r = 0,636), dan tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan zink (p = 0,304, r = 0,387). Kesimpulan : Tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan energi, tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan protein, dan tidak adanya hubungan antara tingkat kepuasan pelayanan makanan dengan asupan zink. Kata kunci :Tingkat kepuasan pelayanan makanan, asupan energi, asupan protein, asupan zink.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Contributors Thesis: | 015/S1.GIZI/V/2017 |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > Nutrition |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > S1 Nutrition |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 08:42 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 02:31 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/434 |
Actions (login required)
View Item |