PENGEMBANGAN INSTRUMEN MULLTIPLE INTELLEGENCES BERBASIS WEB

SADESTRI, B2B016019 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MULLTIPLE INTELLEGENCES BERBASIS WEB. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan Kelulusan.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. Bab 5.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
18. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
21. Artikel Sadestri Tahap Pengujian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Mulltiple Intellegences, Startegi Pembelajaran, Application Development Revolusi industri 4.0 menuntut pendidikan untuk mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mengaplikasikanya dalam segala hal. Melalui penerapan teknologi dalam pendidikan khususnya pembelajaran maka dibuatlah suatu perkembangan media yang dapat digunakan dalam strategi pembelajaran. Berdasarkan evaluasi strategi pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa pendidik membutuhkan suatu media atau aplikasi untuk memudahkan pendidik dalam mengetahui kecerdasan peserta didik. Hal ini dikarenakan pendidik masih kesulitan mengetahui kecerdasan yang dimiliki peserta didik untuk menentukan strategi pembelajaran.Oleh karena itu, diperlukan sebuah media alat ukur kecerdasan mulltiple intellegences untuk peserta didik dalam berbentuk tes yaitu web kecerdasan mulltiple intellegences (MI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui validasi web kecerdasan MI dan 2) mengetahui kepraktisan web kecerdasan MI. Model pengembangan yang digunakan adalah waterfall, dimulai dari tahap analisis, perencanaan, pengkodean, pengujian, dan evaluasi yang sebatas tahap kepraktisan. Tahap pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Subyek uji coba web kecerdasan MI sebanyak 10 siswa SD, 19 siswa SMP, 36 siswa SMK, 18 Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang, 25 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan web kecerdasan MI terbukti valid dan cukup praktis digunakan untuk mengetahui kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Validasi dibuktikan dengan a) uji validasi ahli materi dnegan skor 3,4 dengan kriteria valid dan validasi ahli media dengan skor 3,4 dengan kriteria valid; b)Hasil uji coba penggunaan diperoleh skor 3,22 dengan kriteria cukup praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen mulltiple intellegences berbasis web sebagai alat ukur kecerdasan terbukti valid dan cukup praktis digunakan, karena dapat mengetahui kecerdasan peserta didik. Perbaikan web kecerdasan MI juga diperlukan, salah satunya diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan web kecerdasan MI.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 003/P.Matematika/VI/2021
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item