HUBUNGAN PELAYANAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPUASAN DAN LAMA HARI RAWAT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG

KURNIAWATI, ELIS DWI, G2B216046 (2018) HUBUNGAN PELAYANAN GIZI DENGAN TINGKAT KEPUASAN DAN LAMA HARI RAWAT PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_MUHAMMADIYAH UNIVERSITY SEMARANG" not defined].

[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT (NASKAH PUBLIKASI).pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Elis Dwi Kurniawati1, Sufiati Bintanah2 12Program Studi S1 Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Pendahuluan: Keberhasilan pelayanan gizi di ruang rawat inap berkaitan dengan kepuasan pasien yang dilayani. Kepuasan pasien dapat menilai mutu atau pelayanan gizi, dan merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi mutu pelayanan gizi. Kepuasan pasien dapat di artikan sebagai suatu sikap konsumen yakni beberapa derajat kesukaan atau ketidak sukaannya terhadap pelayanan yang pernah dirasakan, oleh karena itu perilaku konsumen dapat juga diartikan sebagai model perilaku pembeli. Tujuan: Mengetahui hubungan pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan dan lama hari rawat pada pasien rawat inap di RSUD Dr. M Ashari Pemalang. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional teknik sampel consecutive sampling, setiap subjek yang datang dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dimasukkan dalam penelitian sampai jumlah subyek dapat terpenuhi. Analisa data yang diperoleh ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisis uji hubungan antar variabel Spearman Rho. Hasil Penelitian: Pelayanan gizi sebagian besar baik sebanyak 53 orang (69,7%), tingkat kepuasan pada penelitian ini semuanya puas sebnayak 76 orang (100%, lama hari rawat sebagian besar lama hari rawat < 3 hari sebanyak 54 orang (71,1%), ada hubungan pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan dengan nilai p value 0.000 (< 0.05), tidak ada hubungan pelayanan gizi dengan lama hari rawat dengan niali p value 0.352 (>0.05). Kesimpulan: Ada hubungan pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan, ada hubungan pelayanan gizi dengan lama hari rawat. Kata Kunci : Pelayanan gizi, Kepuasan pasien, Lama hari rawat

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors Thesis: 005/SI.GIZI/V/2018
Subjects: R Medicine > Nutrition
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nutrition
Depositing User: Unnamed user with email magang@undip.ac.id
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item View Item