PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERPENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS

Fahmi, Amelia, B2C014016 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERPENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK - Copy.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi kimia kelas XI semester 2 yang sulit bagi siswa SMA Negeri 15 Semarang, salah satunya adalah materi hidrolisis. Guru menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. Guru belum mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran mind mapping berpendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap metakognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa test dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan pendekatan SETS. Sikap metakognitif siswa yang diukur adalah Kedisiplinan, Kerjasama, dan Kemandirian.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 01/kimia/v/2018
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item