Miftahurrohman., B2B014001 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE 5ETERINTEGRASI ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKADI MTs 1 SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) | Request a copy |
||
Text
bismi IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) | Request a copy |
||
|
Text
bismi V.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas, Learning Cycle 5E, Integrasi Islam, Pemahaman Konsep Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi barisan dan deret aritmatika sehingga pemahaman konsep siswa yang rendah dikarenakan siswa belum mampu mengungkapkan kembali materi yang telah disampaikan.Selain itu motivasi dan keaktifansiswa juga rendah.Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E terintegrasi Islam. Islam dan Al-Qur’an menjadi peranan dalam menangkal semua pengaruh buruk dari kemajuan teknologi dan mengikisnya ahlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E terintegrasi Islam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang 2018/2019.Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik Random Sampling.Sampel terdiri dari kelas VIII H sebagai kelas uji coba, kelas VIII I sebagai kelas kontrol dan kelas VIII J sebagai kelas eksperimen.Teknik analisis data untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E terintegrasi Islam dengan menggunakan uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)kemampuan pemahaman konsep siswatuntas denganproporsi ketuntasan yaitu 90% atau dari 30 siswa 27 siswa sudah mencapai ketuntasan kemampuan pemahaman konsep. (2)pengaruhmotivasi dan keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 62,2%. (3)terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata eksperimen 85,60 dan kelas kontrol 72,79. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E terintegrasi Islamterhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi barisan dan deret aritmatika kelas VIII efektif. Berdasarkan penelitian diharapkan model ini dapat diterapkan pada materi barisan dan deret aritmatika atau materi lainsebagai variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran serta sarana dalam menumbuhkan motivasi, keaktifan dan pemahaman konsep pada siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 007/Matematika/X/2018 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 07:39 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 07:39 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2146 |
Actions (login required)
View Item |