Dewi, B2B014003 (2018) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI PROGRAM LINIER KELAS XI IPA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
6.-ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (750kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
16. BAB V.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Lesson Study, dan Model Pembelajaran Talking Stick. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran serta rendahnya komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran disebabkan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Banyak peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal pada materi program linier. Implementasi lesson study dengan model pembelajaran talking stick diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan komunikasi matematis peserta didik kelas XI IPA pada materi program linier. Lesson study merupakan pembelajaran yang direncanakan, dilaksanakan dan diamati serta didiskusikan secara bersama oleh guru-guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Model pembelajaran talking stick merupakan pembelajaran dengan menggunakan tongkat untuk mendorong peserta didik mengemukakan pendapat. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Semarang. Sampel Penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5, XI MIPA 6, dan XI MIPA 7 di SMA Negeri 9 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah motivasi dan keaktifan, sedangkan variabel terikat adalah komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur meliputi hasil evaluasi peserta didik, angket, dan lembar pengamatan peserta didik saat pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi matematis peserta didik kelass XI MIPA 7 lebih baik dari pada peserta didik kelas XI MIPA 5. Implementasi lesson study dengan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik. Hasil analisis evaluasi peserta didik XI MIPA 7 dengan nilai rata-rata 78,00 lebih besar dibandingkan kelas XI MIPA 5 dengan nilai rata-rata 58,14. Sedangkan motivasi yang dimiliki peserta didik kelas XI MIPA 7 sebesar 61,4% dengan kriteria kuat dan keaktifan peserta didik sebesar 43,1% dengan kriteria cukup baik. Peserta didik kelas XI MIPA 7 memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi lesson study dengan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik pada materi program linier.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 008/Matematika/X/2018 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 08:16 |
Last Modified: | 06 Dec 2018 01:46 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
View Item |