HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI(IP) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERANGIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Meganovi, Fajar, J2A016005 (2020) HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI(IP) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERANGIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Indeks Prestasi (IP) adalah cerminan hasil nilai yang dicapai dari pembelajaran pada mahasiswa pada setiap semester. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan apabila mahasiswa memahami serta mengerti gaya belajar yang sesuai dengan dirinya maka mahasiswa tersebut akan mudah menyerap informasi dan mengintegrasikan proses belajar tersebut. Gaya belajar yang digunakan adalahVARK (Visual, Audio, Read dan Kinestetik) merupakan gaya belajar yang paling banyak digunakan karena mudah dalam penerapannyaTujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan Indeks Prestasi. Metode: Desain penelitian menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 59 responden menggunakan data primer melalui pengisian kuisoner VARK pada mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang. Kesimpulan: Hasil analisis bivariat menggunakan uji Chi-square diperoleh nilai p-value < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa adanya hubungan gaya belajar dengan Indeks Prestasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Semarang. Hasil analisis univariat didapatkan bahwa gaya belajar yang paling banyak adalah kinestetik 51orang (86,4%) dan Indeks Prestasi yang paling dominan adalah sangat memuaskan sebanyak 38 orang (64,4%). Kata Kunci: IP, gaya belajar, hasil belajar, VARK

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 002/S1FKG/XI/2020
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item