PENGEMBANGAN APLIKASI SELF CONFIDENCE TEST BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT UKUR KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nursanti, Gita, B2B016010 (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI SELF CONFIDENCE TEST BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT UKUR KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL FULL TEXT.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. SAMPUL.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Self Confidence, Application Development, Mathematics Learning Revolusi industri 4.0 menuntut pendidikan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mengaplikasikannya dalam segala hal salah satunya adalah pembelajaran. Melalui penerapan teknologi dalam pembelajaran maka dibuatlah suatu pengembangan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran matematika. Berdasarkan evaluasi proses pembelajaran matematika maka dapat disimpulkan bahwa pendidik membutuhkan suatu media atau aplikasi untuk memudahkan pendidik dalam melaksanakan penilaian afektif yaitu sikap percaya diri dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan pendidik masih kesulitan menilai sikap siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi untuk mengukur kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika dalam bentuk tes yaitu aplikasi Self Confidence Test (SCT) berbasis web. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk 1) mengetahui validitas aplikasi SCT berbasis web dan 2) mengetahui kepraktisan aplikasi SCT berbasis web. Model pengembangan yang digunakan adalah waterfall termodifikasi, dimulai dari tahap analisis, perancangan, pengkodean, pengujian, dan evaluasi yang hanya sebatas tahap kelayakan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Subjek uji coba aplikasi SCT sebanyak 22 siswa SMP, 36 siswa SMA, 47 siswa. Hasil dari metode pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SCT terbukti valid dan cukup praktis untuk digunakan sebagai ukuran kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Validitas dibuktikan dengan a) uji validasi ahli materi dengan skor 3,42 dengan kriteria valid dan validasi ahli media dengan skor 3,66 dengan kriteria valid; b) Hasil uji coba penggunaan diperoleh skor 3,19 dengan kriteria cukup praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi SCT berbasis web sebagai alat ukur kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika terbukti valid dan praktis digunakan, karena dapat mengetahui tingkat kepercayaan dirinya. dalam belajar matematika. Perbaikan aplikasi SCT juga diperlukan, salah satunya diperlukan penelitian lebih lanjut terkait dampak penggunaan aplikasi SCT.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 008/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:38
Last Modified: 12 Jan 2021 07:38
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item