Navitri, Rachmah Yulia, B2B017002 (2021) ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA MELALUI METODE RANKING 1 DAN PAPAN PARKLI KELAS III. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
COVER.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
Artikel Ilmiah.pdf Download (798kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Pemahaman Konsep, metode Ranking 1, Papan Parkli Matematika merupakan suatu pembelajaran yang erat kaitannya dengan sebuah konsep. Hasil observasi yang telah dilakukan hanya terdapat 4 dari 22 siswa yang mampu menjawab hasil perkalian dengan benar. Siswa cenderung pasif dan diam saat ditanya tentang perkalian dan konsepnya. Berdasarkan permasalahan di atas, diberikan solusi dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Papan Parkli, mengetahui keaktifan siswa dengan metode Ranking 1 dan Papan Parkli serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep perkalian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixmethode. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tlogoboyo 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 11 siswa yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Data yang digunakan diperoleh dari wawancara, angket, tes, dan observasi. Hasil yang didapatkan setelah penelitian, siswa memberikan respon yang baik terhadap penggunaan Papan Parkli dalam pembelajaran. Menurut siswa belajar dengan Papan Parkli menyenangkan dan memahami konsep perkalian menjadi mudah. Pembelajaran dengan metode Ranking 1 dan Papan Parkli juga membuat siswa aktif. Didukung dengan adanya wawancara dengan guru adanya metode Ranking 1 dan Papan Parkli siswa dapat aktif dalam menjawab pertanyaan dan diskusi. Pembelajaran dengan menggunakan Papan Parkli dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa. Hal ini berdasarkan perolehan nilai Uji N-Gain yang didapatkan sebesar 0,5393 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, dengan adanya Papan Parkli siswa dapat memahami konsep dengan baik, dapat dilihat dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penggunaan alat peraga dapat ditambahkan dengan operasi matematika lainnya seperti pembagian dan pengurangan serta dapat ditambahkan dengan perkalian puluhan.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 007/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:57 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:57 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
View Item |