sativa, rosiana oriza (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
1. COVER ATAU HALAMAN AWAL.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (810kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
21. ARTIKEL ILMIAH (ROSIANA ORIZA SATIVA).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sativa. R. O. 2021. Pengembangan Modul Berbasis Edutainment Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang.Pembimbing : I. Iswahyudi Joko S., S.Si., M.Pd., II. Martyana Prihaswati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Modul, Edutainment, Kontekstual, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya ketersediaan bahan ajar dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII H SMP Negeri 2 Lebaksiu yang terkesan monoton dan membosankan karena tidak menghadirkan ilustrasi menarik yang membuat siswa tertarik dalam memahami materi, terutama pada materi bangun ruang sisi datar yang dianggap sulit karena siswa kesulitan dalam menguasi konsep, menemukan rumus dan menggunakan rumus akibat dari siswa yang menghafal rumus siap pakai sehingga siswa sering lupa dengan rumus, siswa juga tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah dilihat dari kemampuan siswa dalam menjelaskan kembali konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu dan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika agar dapat menumbuhkan kemampuan pemahaman konsepnya.Bahan ajar tersebut berupa modul yang berbasis edutainment dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan dari modul berbasis edutainment dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.Teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling.Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa untuk uji coba terbatas dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian oleh angket validasi ahli dan angket respon siswa dan guru. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini uji validasi ahli media sebesar 3,38 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli materi sebesar 3,81 dengan kriteria valid, sedangkan hasil dari respon siswa sebesar 3,46 dengan kriteria praktis dan hasil respon guru sebesar 3,52 dengan kriteria praktis. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu pengembangan modul berbasis edutainment dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar valid dan praktis untuk digunakan dengan harapan siswa dapat mengembangkan pemahaman materi yang telah diterimanya.Saran untuk pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut yaitu modul dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan soal – soal latihannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Call Number: | 014/P.Matematika/XI/2021 | ||||||||||||
Subjects: | L Education > Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
||||||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5009 |
Actions (login required)
View Item |