IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADU PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII

amani, rahma dheska scarayu syifa (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADU PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER ATAU HALAMAN AWAL.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
21. ARTIKEL RAHMA AL DHESKA S S A LENGKAP (B2B017013).pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Amani, R.A.D.S.S. 2021. Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Venissa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd., II. Iswahyudi Joko S, S.Si., M.Pd. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa karena pembelajaran daring yang menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal pada materi statistika. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Implementasi model problem based learning dipadu pendekatan inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model problem based learning dipadu pendekatan inkuiri terbimbing efektif dengan kriteria: kemampuan pemecahan masalah dapat mencapai ketuntasan, terdapat pengaruh motivasi dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas VIII B, VIII C, dan VIII D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes,angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah secara individual mencapai rata-rata 85,31 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 90,625%. Sedangkan besar pengaruh motivasi dan kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah 94,7%. Adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan kelas kontrol yakni 85,31 kelas eksperimen dan 79,5 kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning dipadu pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran daring terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi statistika siswa kelas VIII efektif. Kata kunci: model pembelajaran PBL, pendekatan inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisormawarsari, venissa dianUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorjoko, iswahyudiUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 017/S1.PendidikanMatematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:38
Last Modified: 15 Dec 2021 03:38
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item